10 Strategi Penawaran Google Ads Terbaik yang Digunakan oleh Pakar PPC
Diterbitkan: 2023-07-14Ada beberapa strategi bidding Google Ads untuk membantu bisnis menjangkau target audiensnya dan mendorong konversi.
Untuk memaksimalkan kinerja kampanye PPC, bisnis dan pemasar harus memahami berbagai strategi penawaran yang tersedia di jaringan Google Ads.
Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan cara kerja penawaran Google Ads dan membagikan 10 strategi penawaran Google Ads terbaik yang sering diterapkan oleh pakar PPC untuk mengungguli pesaing Anda.
Kami dapat mengandalkan mereka untuk menghadirkan ide-ide baru secara konsisten
Bekerja Dengan Kami
Strategi Penawaran Periklanan Google
Setiap strategi penawaran Google Ads yang akan saya bahas di artikel ini terbagi dalam tiga kategori:
Kategori 1: Strategi Penawaran Manual
Strategi penawaran manual memungkinkan Anda menetapkan tawaran secara manual untuk kata kunci, penempatan iklan, atau opsi penargetan lainnya di kampanye Google Ads Anda. Anda memiliki kendali penuh dan fleksibilitas penuh. Namun, penawaran manual memakan waktu dan memerlukan pemantauan terus-menerus terhadap kampanye iklan.
Kategori 2: Strategi Penawaran Semi-Otomatis
Strategi penawaran semi-otomatis adalah pendekatan gabungan yang menggabungkan elemen penawaran manual dan otomatis. Ini melibatkan penggunaan fitur atau alat penawaran otomatis yang disediakan oleh platform periklanan sambil tetap mempertahankan kontrol manual dan pengambilan keputusan pada tingkat tertentu. Strategi penawaran BPK Cerdik adalah bagian dari strategi penawaran semi-otomatis.
Kategori 3: Strategi Penawaran Sepenuhnya Otomatis
Dalam model penawaran yang sepenuhnya otomatis, Google menetapkan sendiri jumlah tawaran bergantung pada seberapa besar kemungkinan iklan Anda akan menghasilkan klik atau konversi. Penawaran otomatis menghindari dugaan untuk membantu Anda memenuhi sasaran kinerja Iklan Anda. Berbeda dengan penawaran BPK Manual, Anda tidak perlu memperbarui tawaran kampanye secara manual untuk grup iklan atau kata kunci tertentu.
Selami Lebih Dalam: 10 Manfaat Google Ads untuk Meroketkan Pertumbuhan Bisnis Anda
10 Strategi Penawaran Google Ads Teratas
Mengetahui semua strategi iklan penawaran Google adalah cara luar biasa untuk meningkatkan laba atas belanja iklan (ROAS) Anda. Anda harus hati-hati memilih strategi penawaran berdasarkan sasaran kampanye Anda.
Berikut adalah 10 taktik penawaran Google Ads teratas yang digunakan oleh para ahli:
1) Penawaran Biaya Per Klik (BPK) Manual
Penawaran BPK manual adalah salah satu taktik penawaran PPC dasar di mana Anda dapat menetapkan tawaran maksimum secara manual untuk grup iklan atau kata kunci:
Anda membayar ketika pemirsa mengeklik iklan Anda. Anda dapat menetapkan tawaran BPK maksimum untuk grup iklan Anda (tawaran default Anda). Anda juga dapat menetapkan tawaran terpisah untuk kata kunci khusus.
Jumlah Tawaran BPK = Biaya Per Klik Maksimum
Jika kata kunci tertentu dalam kampanye Anda mendorong lebih banyak konversi, Anda dapat menggunakan penawaran manual untuk mengalokasikan lebih banyak anggaran harian iklan Anda ke kata kunci tersebut. Misalnya, jika Anda memiliki toko online yang menjual sepatu Adidas, Anda dapat mengalokasikan tawaran yang lebih tinggi untuk kata kunci seperti “Sepatu lari Adidas” untuk memastikan iklan Anda muncul dengan jelas saat pengguna menelusuri istilah spesifik tersebut.
Sekarang mari kita asumsikan melalui penelitian kata kunci PPC Anda menemukan bahwa rata-rata BPK untuk kata kunci yang relevan adalah $5,50. Saat kampanye berjalan, pantau dengan cermat kinerja Google Ads. Jika Anda menemukan bahwa tawaran BPK sebesar $5,50 menghasilkan tingkat konversi yang memuaskan dan memenuhi BPA target, pertahankan atau tingkatkan sedikit jumlah tawaran untuk kata kunci yang berhasil.
2) Peningkatan Biaya Per Klik (ECPC)
Enhanced CPC atau ECPC adalah strategi penawaran Google Ads otomatis untuk menyesuaikan tawaran manual Anda untuk klik yang tampaknya lebih atau kurang berpeluang menghasilkan konversi:
Salah satu keuntungan paling signifikan dari ECPC adalah menjaga BPK rata-rata Anda tetap di bawah BPK maks saat mengoptimalkan konversi.
Enhanced CPC dapat digunakan dengan kampanye iklan Display tanpa menyiapkan pelacakan konversi. Namun, Anda harus menyiapkan tracking konversi dengan kampanye Penelusuran, Shopping, atau Hotel.
Rumus untuk menghitung jumlah tawaran ECPC adalah:
Jumlah Penawaran ECPC = Penawaran Manual Maksimum * (1 + Penyesuaian ECPC)
Misalnya, jika penyesuaian ECPC untuk lelang tertentu adalah 20%, rumus untuk menghitung jumlah tawaran ECPC adalah:
Jumlah Tawaran ECPC = $1,50 * (1 + 0,20) = $1,80
Dalam kasus ini, strategi penawaran ECPC akan meningkatkan tawaran manual Anda sebesar 20% menjadi $1,80 untuk lelang spesifik tersebut. Penting untuk diperhatikan bahwa jumlah tawaran ECPC akan tetap berada dalam batas tawaran manual maksimum Anda. Jika penyesuaian BPKC menghasilkan jumlah tawaran yang lebih tinggi daripada tawaran maksimum Anda, tawaran BPKC akan dibatasi sebesar $1,50.
3) Target Biaya Per Akuisisi (tCPA)
Bidding Target CPA adalah strategi Smart Bidding yang mengoptimalkan bid Anda untuk konversi:
Anda perlu menentukan biaya rata-rata yang ingin Anda bayarkan untuk setiap konversi berdasarkan strategi penawaran BPA Google Ads.
Mari kita perhatikan contoh agensi pemasaran digital yang menawarkan layanan desain situs web. Agensi telah menetapkan bahwa target Biaya Per Akuisisi (tCPA) adalah $100, artinya mereka bersedia mengeluarkan hingga $100 untuk mendapatkan klien baru melalui situs webnya.
Untuk menghitung jumlah tawaran BPA Target, mereka juga mempertimbangkan rasio konversi historis kampanye mereka, yaitu 2%. Rumus untuk menghitung tCPA adalah:
Target CPA = Biaya per akuisisi maksimum yang diperbolehkan x Rasio konversi
Dengan menggunakan rumus tersebut, perhitungannya adalah:
Jumlah Tawaran BPA Target = $100 * 0,02 = $2
Dalam hal ini, biro iklan akan menetapkan jumlah tawaran BPA Target sebesar $2. Artinya, untuk setiap klik pada iklan mereka, mereka bersedia mengeluarkan hingga $2 untuk mencapai konversi dan mendapatkan klien baru.
4) Target Laba atas Belanja Iklan (tROAS)
Target ROAS adalah salah satu strategi Smart Bidding paling ampuh yang memanfaatkan “bidding waktu lelang” untuk mengoptimalkan laba iklan Anda:
Jika algoritme Google Ads menentukan bahwa penelusuran pengguna cenderung menghasilkan konversi dengan nilai tinggi, Target ROAS akan menawar tinggi pada penelusuran tersebut. Demikian pula, tawaran akan rendah jika algoritme menentukan bahwa penelusuran tersebut kemungkinan besar tidak akan menghasilkan konversi bernilai tinggi.
Rumus untuk menghitung tROAS adalah:
tROAS = (Pendapatan yang Dihasilkan dari Kampanye Iklan / Biaya Kampanye Iklan) * 100
Misalnya, sebuah perusahaan menjalankan kampanye periklanan dengan total biaya $5.000. Kampanye ini menghasilkan pendapatan sebesar $20.000:
tROAS = ($20.000 / $5.000) * 100 tROAS = 4 * 100 tROAS = 400
Dalam contoh ini, tROAS adalah 400, yang menunjukkan bahwa untuk setiap dolar yang dibelanjakan di akun Google Ads, perusahaan menghasilkan pendapatan sebesar $4.
Konten Terkait: Audit Perusahaan Google Ads: Strategi dan Alat untuk Meningkatkan ROAS Anda
5) Maksimalkan Konversi
Seperti namanya, strategi bidding Maksimalkan Konversi adalah strategi bidding Google Ads yang secara otomatis menyesuaikan bid guna membantu mendapatkan konversi terbanyak untuk kampanye Anda:
Google secara otomatis menggunakan data kampanye historis dan sinyal kontekstual yang ada pada waktu lelang untuk menemukan tawaran terbaik untuk iklan Anda secara otomatis.
Katakanlah sebuah perusahaan memiliki anggaran sebesar $1.000 untuk kampanye iklannya. Algoritme penawaran menentukan tawaran optimal untuk setiap lelang iklan berdasarkan data historis dan kemungkinan konversi. Sepanjang kampanye, algoritme secara dinamis menyesuaikan tawaran untuk meningkatkan peluang konversi. Perusahaan mungkin menawar lebih tinggi pada kata kunci atau penempatan yang secara historis menghasilkan lebih banyak konversi untuk perusahaan dan menawar lebih rendah pada kata kunci atau penempatan yang memiliki rasio konversi lebih rendah.
Di akhir kampanye, anggap saja kampanye tersebut menghasilkan 50 konversi. Biaya kampanye, yang merupakan jumlah total yang dibelanjakan, adalah $800. Dalam contoh ini, strategi Maksimalkan Konversi membantu perusahaan mencapai 50 konversi sesuai anggarannya sebesar $1.000.
Biaya per konversi adalah:
- Biaya per Konversi = Total Biaya Kampanye / Jumlah Konversi
- Biaya per Konversi = $800 / 50
- Biaya per Konversi = $16
6) Maksimalkan Nilai Konversi
Taktik bidding Maksimalkan Nilai Konversi membantu meningkatkan total nilai konversi kampanye sesuai anggaran yang Anda tentukan:
Rumus penawaran Maksimalkan Nilai Konversi adalah sebagai berikut:
Maksimalkan Nilai Konversi = Nilai Konversi / Biaya Kampanye Iklan
Untuk menghitung Maksimalkan Nilai Konversi untuk kampanye tertentu, Anda perlu mengetahui total nilai konversi yang dihasilkan oleh kampanye dan biaya kampanye iklan. Misalnya, sebuah perusahaan menjalankan kampanye periklanan dengan total biaya $2.000, jadi:
- Kampanye ini menghasilkan nilai konversi total sebesar $10.000.
- Maksimalkan Nilai Konversi = $10.000 / $2.000
- Maksimalkan Nilai Konversi = 5
Dalam contoh ini, Maksimalkan Nilai Konversi adalah 5. Artinya, perusahaan menghasilkan nilai konversi senilai $5 untuk setiap dolar yang dibelanjakan pada kampanye iklan dengan bantuan strategi maksimalkan nilai konversi.
7) Maksimalkan Klik
Maksimalkan Klik adalah salah satu strategi penawaran otomatis teratas yang bertujuan mengoptimalkan kampanye PPC Anda untuk klik maksimum:
Anda dapat menggunakan penelusuran target Maksimalkan Klik untuk satu kampanye atau sebagai strategi penawaran portofolio.
Katakanlah sebuah perusahaan memiliki anggaran sebesar $1.000 untuk kampanye iklannya. Algoritme penawaran secara dinamis menyesuaikan tawaran untuk meningkatkan peluang menerima lebih banyak klik.
Sepanjang kampanye, algoritme mungkin menawar lebih agresif pada kata kunci, penempatan, atau pemirsa yang secara historis menghasilkan rasio klik-tayang (RKT) lebih tinggi dan menawar lebih sedikit pada kata kunci, penempatan, atau pemirsa yang memiliki RKT lebih rendah.
Di akhir kampanye, ketika seluruh anggaran habis, asumsikan kampanye menghasilkan 10.000 klik. Biaya kampanye, yang merupakan jumlah total yang dibelanjakan, adalah $800.
Dalam contoh ini, strategi Maksimalkan Klik membantu perusahaan mencapai 10.000 klik sesuai anggarannya sebesar $1.000. Biaya per klik adalah:
- Biaya per Klik = Total Biaya Kampanye / Jumlah Klik
- Biaya per Klik = $800 / 10.000
- Biaya per Klik = $0,08
Jadi, dalam kasus ini, biaya per klik menggunakan strategi Maksimalkan Klik adalah $0,08.
Sasarannya adalah memperoleh klik sebanyak mungkin namun tetap sesuai anggaran, dan algoritme penawaran mengoptimalkan tawaran untuk mencapai tujuan tersebut.
8) Penawaran BPS (Biaya Per Seribu Tayangan)
BPS Maksimum (biaya per seribu tayangan) adalah taktik penawaran di mana Anda menetapkan jumlah tawaran maksimum yang harus dibayar setiap kali iklan Anda ditampilkan 1.000 kali:
Anda juga dapat menggunakan ini sebagai strategi penawaran portofolio. Strategi penawaran paling cocok untuk sasaran kampanye seperti kesadaran merek dan jangkauan.
Rumus untuk menghitung CPM adalah sebagai berikut:
CPM = (Total Biaya Kampanye / Total Tayangan) * 1000
Katakanlah sebuah perusahaan menjalankan iklan kampanye jaringan display dengan biaya $5.000. Kampanye ini menayangkan total 100.000 tayangan iklan.
BPS = ($5.000 / 100.000) * 1000 BPS = $50
Dalam contoh ini, BPS untuk kampanye adalah $50. Artinya untuk setiap 1.000 tayangan iklan yang ditayangkan, pengiklan membayar $50.
9) Penawaran CPV (Biaya Per Tampilan)
Taktik penawaran CPV digunakan dalam kampanye iklan video:
Berdasarkan penawaran CPV, Anda hanya membayar untuk penayangan dan interaksi video (seperti klik pada hamparan ajakan bertindak, kartu, dan spanduk pengiring). Penayangan dihitung ketika seseorang menonton iklan video Anda selama 30 detik atau berinteraksi dengan iklan, mana saja yang lebih dulu.
Perhitungan CPV sangatlah mudah:
CPV = Total Biaya Kampanye / Total Tampilan atau Keterlibatan
Katakanlah sebuah perusahaan menjalankan kampanye iklan video dengan biaya $2.000. Kampanye ini menghasilkan 10.000 penayangan atau keterlibatan dengan iklan video.
CPV = $2.000 / 10.000 CPV = $0,20
Dalam contoh ini, CPV untuk kampanye adalah $0,20. Artinya, pengiklan membayar $0,20 untuk setiap penayangan atau keterlibatan dengan iklan videonya.
10) Target Penawaran Pangsa Tayangan
Target Pangsa Tayangan adalah salah satu strategi penawaran otomatis populer yang memungkinkan Anda menyesuaikan tawaran untuk menampilkan iklan Anda di mana saja di hasil penelusuran Google:
Strategi target pangsa tayangan berguna untuk kampanye dengan istilah merek.
Misalnya, Anda ingin mencapai pangsa tayangan 50% dalam kampanye iklan tertentu, dan iklan Anda menghasilkan 10.000 tayangan. Pangsa tayangan kampanye sebenarnya yang dicapai adalah 60%.
Untuk menghitung Target Pangsa Tayangan, Anda dapat menggunakan rumus berikut:
Target Pangsa Tayangan = (Pangsa Tayangan Tercapai / Total Tayangan Tersedia) * 100
Dengan demikian:
- Target Pangsa Tayangan = (60% / 10.000) * 100
- Target Pangsa Tayangan = 0,006 * 100
- Target Pangsa Tayangan = 0,6%
Konten Terkait :
* 12 Strategi PPC Terbaik untuk Memaksimalkan ROAS Anda dengan Mudah
* Cara Membuat Strategi PPC Lokal yang Menang untuk Lebih Banyak Konversi
* Agen Iklan Google Terbaik: 5 Pilihan Teratas untuk tahun 2023
Strategi Penawaran Periklanan Google Terbaik
Demi kenyamanan Anda, saya telah memasukkan semua informasi ini ke dalam bagan praktis untuk membantu Anda memutuskan strategi penawaran Google Ads mana yang sebaiknya Anda gunakan:
Untuk mendapatkan keunggulan dengan Google Ads Anda, pastikan untuk memeriksa:
Transparansi Google Ads: Alat Baru untuk Memata-matai Pesaing Anda
Kata Terakhir tentang Strategi Penawaran Google Ads
Sangat penting bagi pengiklan untuk mempertimbangkan dengan cermat sasaran kampanye, anggaran, dan sumber daya yang tersedia saat memilih strategi penawaran otomatis yang paling sesuai.
Dengan tetap mendapatkan informasi tentang praktik terbaik dan bereksperimen dengan berbagai strategi penawaran, Anda dapat mengoptimalkan kampanye Google Ads dan meraih kesuksesan luar biasa.
Jika Anda siap meningkatkan bisnis Anda dengan periklanan, pakar Google Ads Single Grain dapat membantu!
Bekerja Dengan Kami
FAQ Penawaran Google Ads
- Seberapa sering saya dapat mengubah strategi penawaran?
Anda dapat mengubah jenis penawaran kapan saja selama kampanye Google Ads. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa penawaran iklan Google berhasil bila Anda memberikan waktu yang cukup untuk mengumpulkan data yang memadai dari beberapa kampanye sebelum mengevaluasi hasilnya.
- Metode penawaran manakah yang tidak lagi digunakan?
Strategi penawaran Target Lokasi Laman Penelusuran dan Target Melampaui Kompetitor telah dihentikan oleh Google.
- Apa yang dimaksud dengan strategi penawaran portofolio?
Strategi penawaran portofolio mengelompokkan beberapa kampanye ke dalam satu strategi. Anda dapat menganggapnya sebagai pusat untuk mengelola tawaran Anda. Strategi penawaran portofolio menghemat waktu, dan Anda dapat membuat perubahan di berbagai kampanye menggunakan satu strategi penawaran.
- Apa strategi penawaran terbaik untuk kampanye baru?
Jenis penawaran terbaik untuk kampanye baru bergantung pada sasaran spesifik Anda, namun kombinasi opsi penawaran manual dan penawaran otomatis seperti strategi penawaran BPA Target atau Target ROAS dapat memberikan titik awal yang baik untuk mengoptimalkan kinerja dan mengendalikan biaya.